Senin, 27 Juli 2015

Manfaat dan Khasiat Cabe Jamu

Cabe Jamu | Cabe Jawa | Lombok jamu | Long pepper | Piper longum
Cabe Jamu | Cabe Jawa | Lombok jamu | Long pepper | Piper longum - Tanaman ini, bisa jadi tanaman pokok atau bisa juga dijadikan tanaman sela. Nilai ekonomisnya lumayan tinggi, cara budidaya (baca disini) yang terbilang mudah serta pangsa pasarnya luas juga tidak akan sulit.

Yang lebih unik dan menarik lagi, sekali menanam produksinya bisa diambil hingga 50 tahun lebih. Jauh lebih berharga dibandingkan tanaman lain, yang rata-rata produktivitasnya kurang dari 20 tahun.

Cabe Jamu (Pepper retrofractum) lebih dikenal di kalangan tukang jamu, atau produsen jamu. Rasa hangat yang dimiliki tanaman ini, membuatnya menjadi salah satu bahan untuk ramuan jamu. Cabe jamu, atau di kawasan Jawa dikenal sebagai cabe alas.

Cabe sulah, atau cabe jawa ini, walaupun memiliki rasa pedas yang sama dengan jenis cabe lainnya, namun tidak biasa digunakan sebagai bumbu masak. Berbeda dengan cabe yang biasa digunakan, cabe jamu yang termasuk famili Piperaceae ini, tumbuh merambat seperti lada atau sirih. Di banyak tempat, cabe jamu hampir tidak pernah ditanam secara sengaja, karena banyak tumbuh di tegalan, pekarangan bahkan hutan.

Tumbuh merambat pada penyangga atau inangnya. Cabe jamu memiliki bulir-bulir buah, berbentuk panjang bulat menyerupai tabung yang panjangnya empat centimeter. Awalnya cabe ini berwarna hijau dan keras, tetapi berangsur-angsur berubah warna menjadi kuning sampai kemudian menjadi merah dan lunak.

Selama ini, pemasaran cabe jamu hanya terbatas di kalangan produsen jamu, atau obat-obatan tradisional. Produksinya pun, masih produksi rumahan, yang sangat tidak memikirkan masalah kualitas dan kuantitas. Cabe jamu, banyak ditanam di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, terutama di daerah kering dan panas atau dengan ketinggian antara 0-500 dpl.

Bagian tanaman yang digunakan atau dimanfaatkan adalah buahnya. Senyawa kimia yang terkandung dalam cabe jawa yaitu zat pedas piperine, chavicine, asam palmilat, tetrahidropiperic acids, 1-undecylenyl-3 dan minyak atsiri.

CABE JAMU berhasiat mengatasi gejala kejang perut, mulas, susah buang air besar, sakit kepala, batuk, demam, hidung berlendir, sukar melahirkan, tekanan darah rendah dan MENINGKATKAN VITALITAS PRIA.

Nama ilmiah : Pepper retrofractum
Nama daerah :
Lada panjang atau cabai panjang (Sumatera).
Cabe jamu, cabean, cabe areuy, cabe sula (Jawa).
Cabi jamo, cabi onggu, dan cabi solah (Madura).
Nama asing : bi ba (Cina).

Khasiat ramuan cabe jamu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cabe jamu juga terbukti dapat memperpanjang waktu tidur akibat pengaruh obat tidur heksobarbital. Hal ini berarti cabe jamu memiliki daya menidurkan karena kandungan piperna.
  • Cabe jamu dapat melawan atau mengurangi daya toksis striknina, yakni salah satu zat yang terkandung dalam bidara laut. Hal itu berarti cabe jamu dapat melindungi kemungkinan terjadinya keracunan akibat striknina.
  • Cabe jamu mengandung minyak atsiri. Penderita perut kembung dapat disembuhkan dengan cabe jamu. Kandungan zat tersebut dapat menguatkan lambung dan memperbaiki pencernaan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan-gangguan lambung. Minyak atsiri juga memiliki rasa peda sehingga banyak dipakai untuk memberikan rasa pedas pada minuman brandy.
  • Cabe Jamu juga dapat menyembuhkan sakit gigi, akar cabe jamu dikunyah. Akar atau daun cabe jamu yang direbus dapat digunakan untuk obat kumur, karena disamping menghilangkan nyeri juga bersifat antiseptik.
  • Cabe jamu yang diramu dengan lempuyang pahit dapat mengatasi kelemahan tubuh akibat diare berat, pencahar bagi penderita hati(liver), mengobati kelemahan kaki dan lengan, sebagai param untuk mengobati nyeri encok atau menghilangkan pegal-pegal badan.

Hampir semua bagian tanaman cabe jamu mengandung zat kimia yang berkhasiat obat. Bagian yang paling penting sebagai bahan baku obat adalah buah dan akarnya. Sementara akar-akarnya mengandung zat piperine.

Bersama rimpang jahe, batang sereh, bunga cengkeh, biji pala dan keningar manis, cabe jamu juga bagian dari ramuan minuman bandrek.

Ramuan-ramuan tersebut menunjukkan khasiat cabe jamu sangat dikenal dimasyarakat luas.

3 komentar:

  1. artikel yang bermanfaat

    bagi anda yang butuh cabe jamu kunjungi blog saya
    jual cabe jamu

    BalasHapus
  2. saya tingal di jawa timur sudah cari harga cabe jawa yang bagus...tlng mnta pncrahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada cabe jamu, pengiriman rutin min. 10-20kg. Untuk pengiriman dalam jumlah banyak bisa sampai 30 ton.
      Lokasi: Surabaya

      harga bisa nego, 081331567880-tanti

      Hapus